Struktur Pasar

| |
Resume kelompok 4 tentang struktur pasar

Kesimpulan:
Struktur pasar adalah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar. Unsur-unsur struktur pasar meliputi: konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, Hambatan masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi.

Pasar persaingan sempurna adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan.

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output di pasar. Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik dan oligopoli. Pasar monopoli merupakan industri yang terdiri dari satu perusahaan di mana terdapat hambatan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk memasuki pasar. Beberapa hambatan masuk berupa waralaba pemerintah, paten, skala ekonomi dan keunggulan biaya lain, kepemilikan atas faktor produksi yang langka.

Jaman sekarang sudah banyak sekali perusahaan yang berdiri berdasarkan bidang pemerintah dan swasta yang masuk ke dalam pasar monopoli. Kenyataanya monopoli itu hanya membuat para konsumen/pembeli kesulitan dalam memperoleh suatu barang. Tetapi di lain pihak monopoli menguntungkan bagi perusahaan agar tetap menjaga persaingan pasar. Karena semakin kacau persaingan di jaman moderen ini tidak mustahil perusahaan berani mengorbankan rakyat kecil dan mementingkan kalangan menengah ke atas. Lagi-lagi rakyat kecil hanya menjadi korban.

Terima kasih :D

0 komentar:

Posting Komentar